Sabtu, 12 November 2016

Jenis-Jenis Kalimat Bahasa Indonesia Beserta Contohnya Lengkap

Jenis-Jenis Kalimat Bahasa Indonesia

Pada pertemuan kali ini kita ingin mengkaji tentang berbagai kalimat berdasarkan struktural gramatikal, pola gaya atau retorika, dan gunanya kalimat.

Kalimat yang gramatikal merupakan kalimat yang bagian-bagian pembuatannya lengkap dan lebih jelas serta strukturnya sesuai dengan tanggapan yang diberikan.

Supaya kalimatnya rapih, urutan unsur-unsur pembuat kalimatnya harus lebih bervariasi sehingga pembaca enggak cepat bosan membacanya.

Selain itu, kalimat harus disusun menurut dengan kaidahnya sesuai dengan pemikiran yang disampaikan. tanggapan tersebut dapat berupa pernyataan, perintah serta pertanyaan.

Kalimat menurut Struktur Gramatikal 


Menurut bentuknya, kalimat bahasa Indonesia dapat berupa kalimat tunggal dan bisa pula berupa kalimat majemuk.

Kalimat tunggal merupakan kalimat yang terdiri atas satu subjek dan satu predikat. Susunan pembentukan kalimat tunggal, dapat berpola S + P atau P + S.

Sebaliknya kalimat majemuk ialah kalimat yang terdiri dari dua susunan kalimat atau bahkan lebih. Kalimat majemuk dapat bersifat setara, gak sejajar, ataupun campuran.


A. Kalimat Tunggal 


Kalimat tunggal terdiri dari satu subjek dan satu predikat. Pada dasarnya, kalau dilihat dari unsur-unsurnya, kalimat-kalimat yang komplit dalam bahasa Indonesia dapat dikembalikan kepada kalimat-kalimat yang sederhana.

Kalimat tunggal yang simple yaitu kalimat yang terdiri dari satu subjek dan satu predikat. Terkait dengan hal itu, kalimat-kalimat yang lengkap dapat juga diketahui pola-pola susunannya. Struktur inilah yang diartikan dengan pola kalimat dasar.

1. Pola Kalimat

Dasar Kalimat dasar yaitu kalimat yang berisi informasi pokok dalam struktur inti dan hanya memiliki satu pola kalimat. Sedangkan perkembangannya tidak menciptakan kalimat baru.

Dengan kata lain, kalimat dasar atau kalimat tunggal terdiri atas dua unsur inti, yaitu subjek dan predikat. Andaikan kedua unsur ini enggak membentuk sebuah struktur baru.

Berdasarkan penelitian, struktur kalimat dasar dalam bahasa Indonesia seperti tercantum pada tabel dibawah ini :

Macam-Macam Kalimat Tunggal Kelima struktur dasar diatas dapat diperluas dengan berbagai penjelasan. Pola-pola dasar tersebut dapat digabung-gabungkan sehingga kalimat tersebut menjadi kalimat komplit.

2. Perluasan Unsur Kalimat Dasar

Struktur kalimat dasar seperti subjek, objek, predikat, pelengkap, atau keterangan dapat dikembangkan sehingga penjelasan tentang pola-pola yang berhubungan dengan kalimat menjadi lebih lebih kompleks.

Setiap kalimat tunggal diatas bisa ditingkatkan dengan menyisipkan kata-kata pada unsur-unsurnya. Dengan menyisipkan kata-kata pada unsur tersebut, kalimat tentu menjadi lebih kompleks dari kalimat yang sebelumnya.


B. Kalimat Majemuk 


Kalimat majemuk ialah kalimat yang didalamnya terdapat dua kalimat dasar atau lebih. Menurut hubungan antara kalimat dasar tersebut, kalimat majemuk dapat di kelompokkan menjadi kalimat majemuk setara, kalimat majemuk campuran, dan kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Berikut adalah keterangan tentang kalimat langsung dan kalimat tidak langsung :

1. Kalimat Langsung 


Kalimat langsung adalah kalimat yang mengikuti sesuatu yang diucapkan orang lain. Bagian kutipan dalam kalimat langsung berbentuk kalimat tanya, kalimat berita, ataupun kalimat perintah.

Contoh :

"Apakah bibi mu sehat ?" tanya Achmad.
"Jangan mendekat," bentak Jannata.

2. Kalimat Tidak Langsung 


Kalimat tidak langsung ialah kalimat yang memberitahukan sesuatu yang di ucapkan oleh orang lain. Bagian kutipan dalam kalimat tidak langsung semuanya berbentuk berita.

Contoh :

Ahmad menanyakan kabar shafira.
Raihan berkata bahwa malu bertanya sesat dijalan.
Rahayu itu membentak aku untuk tidak mendekatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar